SAVE THE WORLD

SAVE THE WORLD

 

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.

-Al Maidah/5:32-.

 

Kalian tahu butterfly effect? Butterfly effect adalah sebuah konsep yang menyatakan bahwa suatu hal yang kecil bisa menyebabkan hal yang sangat besar dan bahkan penting. Mari kita lihat contoh dari kasus butterfly effect.

 

Pada tahun 1889, seorang anak dilahirkan di sebuah daerah Eropa yaitu Austria. Memasuki usia 17 tahun, anak ini memiliki ambisi untuk menjadi seorang seniman dan dia mencoba untuk masuk sebuah akademi seni di Viena. Sayangnya dia ditolak sebanyak dua kali pada tahun 1907 dan 1908 serta dia diminta untuk masuk ke sekolah arsitek saja daripada sekolah seni. Akhirnya anak ini pun berpindah haluan menjadi seorang tokoh politik, dan sekarang dia adalah tokoh politik paling fenomenal yang mungkin pernah kita kenal. Dia adalah Adolf Hitler.

 

Bayangkan apa yang terjadi apabila pada saat itu Adolf Hitler muda diterima di sebuah akademi seni. Tentu saja jutaan orang akan terselamatkan dari genosida..

 

atau contoh lain

 

Pada tahun 1928, seorang Alexander Flemming tidak sengaja menumpahkan sebuah tabung yang berisi penicillin notatum ke sebuah kelompok bakteri Staphylococcus aureus. Dari peristiwa itu, saat ini kita bisa mendapat pengobatan antibiotik yang telah menyelamatkan banyak nyawa di dunia. Bayangkan apabila tabung tersebut tidak ditumpahkan oleh Alexander Flemming. Mungkin akan banyak jutaan orang yang meninggal karena tidak mampu terobati dari infeksi bakteri..

 

atau

 

Apa yang akan terjadi apabila Abdullah an-Nahham al-‘Adawi tidak memberi tahu Sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar Ibn Khattab RA, bahwa Fatimah adiknya telah memeluk agama Islam? Mungkin sejarah Islam akan tertulis tanpa nama Umar sebagai penolongnya..

 

atau

 

Apa yang akan terjadi apabila Sultan Muhammad Al-Fatih melewatkan satu tahajud dalam hidupnya? Mungkin legenda penaklukan konstatinopel tidak akan terdengar hari ini..

 

Menurut konsep butterfly effect, bahkan kepakan sayap kupu-kupu bisa menyebabkan tornado di daerah lain. Sebuah tindakan yang mungkin kecil, ternyata bisa berdampak besar. Itulah apa yang coba di sampaikan oleh ayat ini.

 

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.

-Al Maidah 32-.

 

Bagi Islam, perbuatan kecil tidak bisa diremehkan. Perbuatan kecil bisa menyebabkan perbuatan lain yang lebih besar. Dosa kecil yang sering kita remehkan bisa merambat menjadi dosa besar. Biasa mencontek dan berbohong saat kecil bisa menghasilkan koruptor di masa depan. Berawal dari sms-an bisa menjadi berduaan hingga akhirnya perzinaan..

 

Begitu juga dengan perbuatan baik. Baik adalah baik. Kecil dan besar tidak menjadikan baik itu menjadi buruk. Misalnya membantu saudara kita, muslim Rohingya di Myanmar, kita tidak perlu terjun langsung atau sampai intervensi ke Perdana Menteri Myanmar. Lakukan saja apa yang bisa kita lakukan seperti berdoa, kampanye kepedulian, atau menyumbangkan sedikit rezeki. Perbuatan kecil seperti itu akan menghasilkan efek yang besar terhadap peristiwa di Rakhine state Myanmar.

 

Dari sini harusnya kita menyadari bahwa setiap hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Tidak harus langsung melakukan sesuatu yang besar, mulailah dari hal kecil yang nantinya akan menjadi besar. Tidak perlu malu untuk melakukan perbuatan kecil yang baik. Dan jangan pernah berani untuk berbuat dosa hanya karena itu dosa kecil. Perbuatan kecil yang baik bisa berkembang menjadi perbuatan besar yang baik dan dari dosa kecil bisa menyebabkan dosa yang besar. Karena setiap perbuatan baik yang kamu lakukan, mungkin bisa menyelamatkan dunia.

 

-Stay Istiqomah, do great things, and Fastabiqul Khairat-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

+ twenty three = twenty five