Percuma Menasehati Orang yang Jatuh Cinta

image001

Percuma Menasihati Orang yang Jatuh Cinta

By : FGH

Tak lama setelah tulisan ini di post, dunia akan mengalami sebuah fenomena alam yang bernama valentine. Kalian tau apa artinya itu ? itu artinya KALIAN HARUS SEGERA MEMPERSIAPKAN DIRI DARI PARA JOMBLO YANG TEROMBANG-AMBING!!

Pada hari valentine ini, para jomblo yang kelaparan dan haus akan kasih sayang biasanya akan berburu mangsa untuk dijadikan pasanganya. Banyak jomblo-jomblo yang gugur dan gagal berburu pada hari valentine ini, namun tidak sedikit juga yang berhasil dan mendapatkan pasangan, pasangan calon gubernur eaaa… #apasih

Selain mempersiapkan diri kita terhadap jomblo-jomblo, pada hari valentine ini kita juga harus mempersiapkan diri dari kumpulan pemuda-pemudi yang biasanya bersemra-semraan etdahh, maksudnya bermesra-mesraan, dimana hal tersebut sangat mengiritasi mata apabila  harus dipandang.

Sebagai umat islam yang berpegang teguh pada Al-Quran dan sunnah, tentu kita semua sepakat bahwa hari valentine tidak boleh dirayakan. Tapi tetap saja hari tersebut dirayakan oleh sebagian penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Ada banyak argumen yang memperdebatkan tentang boleh atau tidaknya valentine, dengan landasan yang baik dan logis, serta berlandaskan ayat-ayat Al-Quran, dan sebagian besar argumen tersebut menyimpulkan bahwa Valentine itu adalah hal buruk untuk dilakukan. But, tetap saja mereka yang sedang jatuh cinta memilih untuk andil dalam gerakan berbagi coklat kasih sayang tesebut.

Hal ini kadang membuat pikiran dan hati berkata “PERCUMA!”

image001

Tentu kalian pernah mendengar kisah Romeo dan Juliet, kan?  kisah Romeo dan pencukur kumis ini sangat terkenal di masyarakat ( itu gillette kalee !!), oh oke maaf, jadi kisah Romeo dan fotokopian ini .. ( itu JILID, helloww !! sepertinya penulis butuh KUA nih,*eh KUA). oho, kita lanjut. Jadi, kisah Romeo dan Juliet ini merupakan kisah yang sangat romantis bagi masyarakat saat itu, kisah percintaan dua sejoli yang berakhir dengan bunuh dirinya pasangan ini gara-gara C-I-N-T-A, pasti pernah denger kan? sayang sekali, cinta yang harusnya mempersatukan justru bisa memisahkan.

image003

Atau mungkin kalian pernah mendengar tentang kisah tabi’in mujahid yang hafal Al-Quran 30 Juz ? Abdah bin Abdurrahiim namanya. Seorang prajurit hebat ini hafal Quran 30 Juz, hebat ilmunya, gagah orangnya, kuat imannya, sayang sekali ia terkena musibah di akhir hayatnya, sehingga ia meninggal tidak dalam keadaan islam. Lagi-lagi cinta adalah penyebabnya, Seorang wanita romawi yang sungguh sangat cantik telah mengobrak-abrik hatinya sehingga ia pun dibutakan oleh cinta. Gadis romawi itu menentukan sebuah syarat agar Abdah bisa menikahinya, yaitu dengan berpindah keyakinan dari Islam menjadi Nasrani dan sayangya sang penghafal Al-Quran ini memenuhi syarat itu, lagi-lagi cinta yang harusnya menghantarkan ke surga, justru menjerumuskan ke neraka.

Atau apakah kalian pernah punya temen yang kayak gini ?

K         : kamu

T          : temenmu yang pacaran/jatuh cinta

———————————————————————————-

K         : “Eh, kamu ngapain pacaran sama dia, udah putusin aja, kan nanti bisa langsung nikah!”

T          : “Ehmm..tapi aku tuh cinta banget ama dia, nanti kalau putus, dia gak cinta lagi gimana ?”

K         : “Ya, kan kalau cinta ngapain carapan, eh pacaran, langsung nikah saja.”

T          : “Tapi kan aku belum siap, dan aku cinta banget sama dia loo.”

K         : “Dia itu cuma mainin kamu.”

T          : “Eh, tapi kan aku cinta banget sama dia.”

K         : “Dia itu mau mengambil warisan kakek kamu.”

T          : “Jangan ngawur kamu, dia mencintaiku apa adanya.”

K         : “Dia itu mau memanfaatkan kamu untuk memanggil megatron dari dunia ikan.”

T          : “apa sih, sudahlah yang penting aku cinta banget sama dia.”

K         : …..

Gitu aja terus sampai padel pop bisa mengalahkan electron dan proton. Begitulah cinta, cinta itu sangat kuat dan kadang membutakan bahkan membuat orang bertindak yang tidak masuk akal.

image004

Karena cinta, seseorang bisa berubah, dan demi cinta, seseorang bisa mengorbankan segala yang ia punya … itulah mengapa sequel “Ada Apa Dengan Cinta” yang nonton banyak #apasih. Itulah mengapa kadang orang yang jatuh cinta susah dinasihati.

Cinta merupakan salah satu motivasi hidup manusia. Akhi dan ukhti udah pernah jatuh cinta ?  katanya, Jatuh cinta itu memang terasa sangat indah, jatuh cinta itu menjadikan remediasi terasa mudah, gojek terasa gratis, dan hoaxjadi tampak real, dan jatuh cinta itu kadang bisa membuat kita rela melakukan apa saja demi yang kita cintai itu, pernah denger kan ada rayuan gombal “aku rela mengambilkan bulan untukmu” entah ini maksudnya bulan yang di langit atau obat datang bulan, yang jelas cinta bisa merubah seseorang 360o (lah ? sama aja dong) 180O maksudnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencintai hal yang benar.

image005

“Katakanlah (Muhammad) “ Jika kalian benar-benar mencintai Allah , ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”  [Ali-’Imran 31]

Ketika orang mencintai yang baik, dengan cara yang baik, dengan tujuan yang baik pasti kita juga akan mendapat kebaikan dalam mencintai itu.. contoh saja mencintai Allah dan RasulNya, ketika seseorang mencintai Allah, pasti orang itu akan mengamalkan ajaranya yang sudah pasti bernilai positif dan menjauhi laranganNya, selain itu mencintai Allah gratis kok, ga butuh ongkos pulsa,  ongkos gojek, atau ongkos coklat ratu perak, sehingga dengan mencintai Allah uang kalian (anak kos) tetap bisa digunakan untuk beli telur menemani indomie rendangmu yang menyedihkan itu .. huahaha (ketawa ala lucifer).. tapi tetap saja banyak orang yang lebih memilih untuk mencintai yang buruk, seperti apa contohnya ? contohnya adalah mencintai pacar sebelum menikah. Kenapa ? Kenapa mencintai pacar buruk ? jelaskan padaku hayati, jelaskan!! (kasih efek suara klontang klontang halilintar)

 

Dasarnya adalah ayat ini

image006

“Dan janganlah kamu mendekati zina, karena sesungguhnya itu merupakan perbuatan yang nista dan jalan yang buruk”  [Al Isra’ 32]

 

Disini sudah dijelaskan bahwa jangan lah kamu mendekati zina, mendingan deketin ukhti yang solehah (#eaa #apasih sama aja -__-). Basicly, berzina dan segala sesuatu yang mendekati zina adalah hal yang dilarang, ibaratnya kamu PDKT aja ga boleh, apalagi lanjut pacaran  dan di sisi lain muncul lah Valentine days yang sangat bertentangan dengan Al Isra’ 32 tersebut. Pada hari valentine, banyak jomblo yang mendapatkan pasanganya, pada hari valentine juga banyak pasangan-pasangan yang tidak sah justru semakin become-become (Translate: menjadi-jadi) Terkadang, memang susah untuk meyakinkan pada orang-orang yang sedang jatuh cinta ini untuk tidak merayakan hari valentinedan kembali kepada jalan Allah, mereka seringkali acuh dengan nasihat kita dan justru melakukan pembelaan yang sangat beragam karena memang ini merupakan salah satu teguran dari Allah  kepada mereka, yaitu dengan menutup hati mereka

image007

“Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat”  [Al-Baqarah : 7]

 

Tapi ini juga merupakan tugas kita untuk tetap menasihati mereka, bagaimanapun kita tidak tahu apakah mungkin Allah akan membukakan pintu hati mereka melalui kita. Siapa tahu apabila Allah tidak membukakan pintu hati mereka, ,justru hati kita lah yang dibuka untuk terus menasihati tanpa kenal lelah.. karena..

image008

image009

“Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi, kecuali bagi mereka yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran” [Al-Asr 2-3]

 

Tulisan ini adalah penyemangat bagi kita para laskar “bubarkan valentine” agar tetap menasihati orang yang sedang jatuh cinta sehingga tidak melewati jalan yang salah.. meski kadang mereka keras kepala dan susah dinasihati, jangan berhenti karena sebuah penolakan, kalau mereka tetap saja keras kepala, yasudah, ambil palu dan gebug kepalanya .. na’udzubillah min dzalik. Jangan ya! Hendaklah dilakukan dengan kelembutan, tidak kasar dan tidak megucapkan kata – kata yang buruk, tetapi dengan tutur kata yang baik dan halus, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Artinya : Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.”[Ali Imran:159]

Dan firman Allah Ta’ala kepada Musa dan Harun saat diperintahkan untuk menemui Fir’aun.

“Artinya : Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut mudah-mudahan ia ingat atau takut.” [Thaha:40]

 

So… ? masih percuma menasehati yang sedang jatuh cinta..?? Apa masih mau ikut-ikutan ngerayain palentin deys? Ups valentine days maksudnya..

—NO!!—

Well done guys… Karena…

“Cinta sejati tidak diukur dari seberapa banyak coklat yang engkau dapat, tapi dari seberapa banyak engkau berdoa untuk kehalalanya”

-Unknown-

Sumber :

http://www.panjimas.com/kolom/2015/05/29/kisah-malang-tabiin-mujahid-hafal-al-quran-yang-murtad-apa-penyebabnya/

www.quran.com

Leave a Reply

Logged in as IT. Log out?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

nine + one =