Berkaryalah untuk Dunia, Beramallah untuk Akhirat

Assalamu’alaykum wa rohmatullahi wa barokatuh

Rasulullah Muhammad ﷺ bersabda

اِذَاجَاءَرَمَضَانُفُتِحَتْاَبْوَابُالْجَنَّةِوَغُلِّقَتْاَبْوَابُالنَّارِوَصُفِّدَتِالشَّيَاطِيْنُ.

Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu semua syaitan (HR. Bukharidan Muslim).

Pada bulan ini setiap detiknya merupakan modal yang sangat besar, sebab pahala kebaikan dilipatgandakan, karenanya jangan disia-siakan.

Demikian pula yang disampaikan sahabat Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu. Beliau mengatakan,

إنيلأمقتأنأرىالرجلفارغالافيعملدنياولاآخرة

Sungguh aku marah kepada orang yang nganggur. Tidak melakukan amal dunia maupun amal akhirat. (HR. Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir, 8539).

Ada dua persiapan yang paling penting disiapkan yaitu persiapan mental dan persiapan fisik sehingga Ramadhan kita lebih produktif dibandingkan dengan sebelumnya.

Persiapan mental

  1. Persiapan utama menyambut Ramadhan adalah persiapan mental. Dimulai dengan hati yang gembira dan lapang dada akan bertemu dengan bulan yang mulia.
  2. Luruskan niat. Karena setiap amal tergantung niatnya, alangkah baiknya kita niatkan seluruh aktivitas muamalah kita sebagai ibadah. Misal mandi sebagai ibadah, membersihkan kamar dan lain sebagainya.
  3. Menyusun agenda. Kalau selama ini kita dapat menyusun agenda kegiatan duniawi dari pagi sampai malam dengan begitu teliti, alangkah baiknya kalau kita juga dapat menyusun rutinitas ibadah dengan lengkap.
  4. Membaca buku atau kitab tentang fiqh yang menyangkut puasa, shalat Tarawih, i’tikaf dan sebagainya. Hal ini penting untuk diperhatikan supaya kita mengetahui batas-batas syara’ dalam melakukan ibadah
  5. Membersihkan hati dan saling memaafkan sesama. Sebelum masuknya Ramadhan, dianjurkan untuk memperbaiki hubungan dengan manusia (hablumminannas) dan hubungan dengan Allah (hablumminallah) yaitu bertaubat.
  6. Persiapan dana, jangan lupa keluarkan infaq dan shadaqah sebanyak-banyaknya dengan membantu fakir miskin, memberikan makan orang berbuka puasa dan sebagainya.

PersiapanFisik

Persiapan fisik untuk menjalankan ibadah puasa itu penting. Kalau fisik lemah tentunya amal ibadah akan terganggu. Padahal kita sudah mempersiapkan target yang banyak untuk Ramadhan yang akan datang, seperti memperbanyak membaca al-Qur’an, shalat sunnat tarawih, rawatib, dhuha dan sebagainya.

  1. Makan dan minum secukupnya, hindari balas dendam ketika malam harinya.
  2. Biasakan sahur
  3. Minum suplemen jika perlu
  4. Atur pola tidur, baik itu tidur siang ataumalam

 

Sumber

http://aceh.tribunnews.com/2017/05/27/menuju-ramadhan-produktif?page=2.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan