ASI

20170317181035

Kamu baru melahirkan? Ingin pertumbuhan dan perkembangan si bayi lancar? Ingin si kecil mendapatkan gizi yang cukup? Kamu ngga perlu repot-repot mencari gizi-gizi itu di toko-toko karena produk seperti ini tidak dijual dimanapun lhooo. Mau tau rahasianya? Yuk simak artikel dibawah ini.

Air Susu Ibu (ASI) atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan breast milk merupakan nutrisi terbaik untuk si kecil yang telah disediakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Untuk menciptakan kue yang enak saja dibutuhkan bahan baku yang terbaik, sama halnya dengan anak. Untuk menciptakan generasi terbaik, maka sangat penting untuk memberikan nutrisi yang baik, yaitu, ASI.

ASI merupakan nutrisi penting untuk bayi, karena nutrisi yang terkandung dalam ASI bermanfaat untuk sistem imun, perkembangan otak, dan juga pertumbuhan fisik. Perkembangan otak pada anak yang sangat pesat terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan si kecil. Oleh karena itu, penting untuk memberikan ASI pada 2 tahun pertama kehidupan. Hal ini dikenal dengan istilah ASI eksklusif. DR. dr. Ahmad Suryawan berkata “Ketika seorang anak lahir, pertumbuhan otaknya hanya mencapai 25% dari otak orang dewasa. Dalam 2 tahun pertama, pertumbuhan otak anak meningkat hingga 80% dan hingga anak berusia 6 tahun, pertumbuhan otaknya mencapai 95% otak orang dewasa. Jadi, petumbuhan otak anak yang utama terjadi hingga anak berusia 6 tahun, terutama saat 2 tahun pertama kehidupan. Untuk itulah pentingnya nutrisi yang tepat, ASI, karena ASI merupakan faktor utama penentu kualitas otak anak.” 1

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam ASI. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf sebelumnya, bahwa ASI berperan penting untuk sistem imun. ASI mengandung antibodi yang berfungsi untuk melindungi si kecil terhadap infeksi bakteri, virus, maupun parasit. ASI juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang masih rentan. Oleh karena itu, pada 2 tahun pertama, berikan ASI untuk si kecil tanpa perlu ditambah makanan atau minuman lain. Setelah masa 2 tahun pertama sikecil berakhir, barulah sikecil bisa diberikan makanan atau minuman pendamping lain seperti bubur, biskuit, jus, dan makanan lunak lainnya. Tidak hanya antibodi, ASI juga mengandung minyak omega-3 asam linoleat alfa yang penting untuk perkembangan otak dan saraf agar dapat berkembang secara normal. Selain itu, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa bayi yang mendapat ASI memiliki penurunan risiko serangan jantung, diabetes tipe 2, peningkatan daya tahan insulin, dan memiliki rata-rata IQ 5 poin lebih tinggi dibanding bayi yang mendapatkan susu formula

Info tentang pentingnya ASI untuk bayi pada 2 tahun pertama baru ditemukan oleh peneliti belakangan ini, tapi tahu gak sih.. bahwa ini sudah diungkapkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala sejak dulu. Keren ya

۞ وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ ۚ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَٰلِكَ ۗ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا ۗ وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا آتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. [Al-Baqarah 2:233]

Naah kan sudah dijelaskan tuh di Al-Quran untuk memberikan ASI selama 2 tahun penuh. Jadi, untuk para ibu-ibu jangan lupa memberikan ASI selama 2 tahun ya. Lagipula memberikan ASI tidak merugikan kok, selain menyehatkan si ibu, dan anak mendapatkan nutrisi yang baik, antara ibu dan anak juga akan tercipta ikatan batin loooh. Keren kaan? Apabila ingin menyapih si bayi sebelum 2 tahun, boleh saja asal harus berdiskusi dulu dengan suami dan mencapai kata mufakat diantara keduanya agar tidak mendapat siksaan. Tahu tidak, seorang wanita yang tidak menyusui anaknya (tanpa alasan syar’i) akan mendapat balasan seperti apa?

Rasulullah SAW mengabarkan bahwa jika ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. Demikian juga kalajengking di neraka, ketika menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim.” (HR. Al-Baihaqi).

“Kemudian Malaikat itu mengajakku melanjutkan perjalanan, tiba-tiba aku melihat beberapa wanita yang payudaranya dicabik-cabik ular yang ganas. Aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat itu menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.”

(HR. Ibnu Hibban dalam shahihnya 7491, Ibnu Khuzaimah 1986, dan Syaikh Muqbil rahimahullah dalam Al-Jami’ush Shahih menyatakan: “Ini hadits shahih dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu.” Hadis ini juga dinilai shahih oleh Imam Al-Albani).

Serem kaan? Tapi, kalo misalnya si ibu sakit keras atau air susunya tidak bisa keluar gimana? Apa akan tetap disiksa?

 Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: “Jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya…” (QS. At-Thalaq: 6)

 “Jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut…” (QS. Al-Baqarah: 233). 3

Maha suci Allah dengan segala kebaikanya, ketika kita tidak mampu diberi kemudahan, dan ketika kita mampu, Allah beri ladang pahala.. yuk jadi ibu yang baik dan Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang lalai yaa.

Referensi:

  1. http://nutricia.co.id/en/the-importance-of-early-life-nutrition-for-the-immune-system-brain-development-and-physical-growth-during-a-childs-golden-age-2/
  2. https://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/air-susu-ibu-nikmat-dan-ajaib.htm#.WMecc49OIcD
  3. http://www.islamidina.info/2016/02/baca-sampai-selesai-inilah-azab-bagi_3.html

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

thirty six − = thirty