Yuk Puasa! Lakukan Aktivitas Positifmu

Di bulan Ramadhan, seringkali puasa seakan menghambat kita untuk memaksimalkan berbagai aktivitas. Namun, sebenarnya hal tersebut terjadi karena tubuh kita yang tidak terbiasa berpuasa secara terus-menerus setiap hari.

Puasa sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Memaksimalkan produktivitas pada saat puasa bisa kita lakukan dengan latihan dan kebiasaan. Produktivitas juga tidak selalu terpaku pada hasil duniawi, banyaknya kegiatan ibadah juga termasuk ke dalam produktivitas.

Nah, agar ibadah puasa kita tidak sia-sia, yuk maksimalkan produktivitas kita saat puasa dengan tiga tingkatan produktivitas berikut ini.

 

Produktivitas spiritual

Jenis produktivitas satu ini tercermin dari ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadhan. Diantara produktivitas yang masuk dalam kategori ini adalah sholat tarawih, sholat sunnah, membaca al Qur’an dan juga sholat malam. Produktivitas ini dimaksimalkan agar kita mendapat berkah dalam menjalani hidup, baik berkah dalam harta, berkah dalam kesehatan, berkah dalam keluarga, berkah dalam pekerjaan dan semua yang kita lakukan di dunia ini.

 

Produktivitas Fisik

Jenis produktivitas satu ini berfokus pada diri sendiri, dengan memaksimalkan berbagai kegiatan yang bisa membawa kita pada hal-hal positif. Misalnya lebih banyak menjalankan hobi yang mengasah kemampuan kita hingga akhirnya bisa menghasilkan sesuatu dari hobi tersebut.

Ayo kita jabarkan lebih detil lagi apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan

 

1. Mempersiapkan Ujian

Buat kalian yang sedang akan menghadapi ujian di bulan ramadhan, alangkah baiknya mempergunakan waktu luang untuk belajar. Dari pada nongkrong tidak jelas, sambil ngobrol ngalor ngidul, alangkah lebih baik jika waktu tersebut kita gunakan untuk belajar.  Agar nilai kita bagus di KHS nanti. InsyaaAllah

“Bersemangatlah atas apa yang bermanfaat bagimu, minta tolonglah pada Allah SWT, janganlah engkau lemah.” (HR. Muslim)

 

2. Mengikuti Majelis Ilmu

Ada yang sangat spesial ketika bulan Ramadhan tiba, yaitu banyaknya taman-taman surga, alias majelis ilmu yang pastinya sangat bermanfaat. Luangkan waktu untuk ikut kajian agar bisa terus menambah ilmu dan bekal agama.  Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.” (H.R  Abu Hurairah)

 

3. Membaca al Qur’an

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu al Kitab (al Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. “(QS. Al Ankabut: 45).

Akan ada banyak waktu yang dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk melakukan kegiatan produktif, salah satunya adalah membaca al Quran atau bertilawah. Bawa al Qur’an selalu di tas dan install aplikasi mushaf al Quran di gawai, agar kita bisa membaca al Quran kapanpun dan dimanapun kita berada. Misalnya, saat menunggu dosen untuk bimbingan, kamu bisa menghabiskan waktu sambil menunggu dengan tilawah. InsyaAllah, berkah banget

 

4. Iftar bersama Yatim Piatu

“Barang siapa meletakkan tangannya di atas kepala anak yatim dengan penuh kasih sayang, maka Allah akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yang disentuh tangnnya. (HR. Ahmad)

Ketika Ramadhan tiba, banyak komunitas, misal LDF atau LDK, mengadakan iftar atau buka bersama. Selain untuk mempererat silahturahim, kita dapat memanfaatkan momen ini untuk buka bersama anak-anak yatim. Bukan cuma bukber, kita juga bisa ngabuburit bersama mereka, dan memanfaatkan waktu menjelang berbuka dengan mengadakan kegiatan bermanfaat seperti mendongeng, mengaji, belajar sambil bermain, dan masih banyak hal lainnya.

 

Sumber :

Ghaliyah, G. (2016). Kegiatan Produktif Selama Ramadhan yang Bisa Kamu Lakukan. [online] UNJKita.com. Tersedia di: http://unjkita.com/kegiatan-produktif-selama-ramadhan/ [Diakses pada 15 Mei 2018].

Putri, F. (2015). AKTIVITAS KALA PUASA YANG PRODUKTIF DAN TERHINDAR DARI TIDUR | UNDAS.CO. [online] UNDAS.CO. Tersedia di: https://undas.co/2015/06/aktivitas-kala-puasa-yang-produktif-dan-terhindar-dari-tidur/ [Diakses pada 15 Mei 2018].

Dailymoslem.com. (2015). Maksimalkan Produktivitas Di Bulan Ramadhan. [online] Tersedia di: http://www.dailymoslem.com/ramadhan/maksimalkan-produktivitas-di-bulan-ramadhan [Diakses pada 15 Mei 2018].

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan