Sobotta atau ilmu Agama ?

166021

Skenario 1

Suatu hari, didepanmu ada 2 buku, buku sobotta dan ilmu fiqih ibadah.. saat itu kalian memiliki waktu senggang dan tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain membaca buku itu.. mana yang kalian baca ?

Mana kah yang lebih penting… ilmu dunia atau akhirat

Skenario 2

Pada suatu hari, kalian mendapat kabar bahwa besok kalian akan ada 2 ujian.. ujian pertama adalah ujian kenaikan kelas, ujian yang kedua adalah tes seleksi penonton dahsh*at yang memiliki syarat IQ minimal 145.. sebagai manusia yang normal kalian pilih lebih fokus ke yang mana ?

Yuk kita jawab skenario 2 terlebih dahulu

Kalau kita lihat skenario 2 Tentu saja kalian pasti akan lebih fokus untuk belajar Ujian kenaikan kelas dibandingkan belajar untuk seleksi penonton dahshat.. karena ujian kenaikan kelas efeknya lebih besar, lebih bermanfaat, dan lebih sulit.. tapi disisi lain kalian juga pasti akan meluangkan waktu untuk belajar tes seleksi penonton, karena mungkin kalian punya cita-cita untuk menjadi penonton of the month atau yang lain.. tapi disini kalian pasti lebih fokus untuk belajar ujian kenaikan kelas bukan ?

Hal ini berlaku juga untuk ujian yang lain.. yaitu ujian sukses akhirat.. dan ujian sukses dunia. Ketika kita tahu bahwa akhirat itu jauh lebih penting.. lebih ber efek.. dan lebih susah dibandingkan ujian sukses dunia.. bukankah sudah seharusnya kita tahu mana yang menjadi prioritasnya ? ..

Sebagaimana rasullullah bersabda..

“Seandainya dunia sebanding dengan satu sayap sayap lalat di sisi Allah, niscaya Dia tidak akan memberikan seteguk air pun bagi seorang kafir”

-HR. At-Tirmidzi hadits Hasan Shahih-

Karena kita akan menjalani hidup sebagaimana ilmu yang kita miliki dan amalkan.. para dokter adalah mereka yang memiliki ilmu kedokteran dan mengamalkanya.. para ahli hukum adalah mereka yang memiliki ilmu hukum dan mengamalkanya.. dan para ahli surga adalah mereka yang memiliki ilmu Agama dan mengamalkanya..

Kembali ke skenario 1.. apabila kita mengkaitkan dengan jawaban pada skenario 2 tadi.. pasti kita setuju bahwa mempelajari ilmu agama itu lebih menguntungkan dan lebih utama dibandingkan mempelajari ilmu dunia.. ditambah, tugas kita didunia ini memang adalah untuk beribadah

az zariyat 56

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” – Adz Dzariyat 56 –

Tapi apakah hal ini menjadikan ilmu dunia bukan ilmu yang penting dan boleh ditinggalkan ? tentu saja tidak kawan-kawan

pada suatu kondisi tertentu.. mempelajari ilmu Dunia itu sama-sama pentingnya sebagaimana mempelajari ilmu Agama selama ilmu dunia itu digunakan untuk tujuan ibadah..

semisal, mempelajari ilmu kedokteran, agar bisa menjadi dokter disuatu daerah yang membutuhkan dokter.. atau mempelajari ilmu pendidikan agar bisa menjadi guru seorang pahlawan tanpa tanda jasa.. kuncinya adalah bertujuan untuk ibadah karena Innamal A’malu Binniyat amal itu tergantung niatnya..

mempelajari ilmu agama itu lebih diutamakan, karena bagaimana kita bisa beribadah tanpa tahu ilmu ibadah yang benar.. namun disisi lain mempelajari ilmu dunia sama pentingnya dengan ilmu agama ketika kita menggunakan ilmu dunia itu dengan tujuan ibadah.. dan tidaklah sama antara orang yang berilmu dan orang orang yang tidak berilmu.. Allahpun menjanjikan bahwa orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya.. jadi.. kalau ditanya.. sobotta atau ilmu agama.. jawab aja.. why not both..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

four + one =