Yuk, mengenal FULDFK lebih dekat

Sebenarnya apa sih FULDFK?

FULDFK adalah Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran yang berada di tingkat Nasional, makanya seringkali disebut FULDFK Indonesia. Sebagaimana namanya, maka FULDFK merupakan sebuah perkumpulan dan wadah formal berupa jaringan antar lembaga dakwah fakultas kedokteran di seluruh Indonesia.

Tonggak kelahiran FULDFK dimulai pada tanggal 4 Muharram 1426 H, bertepatan dengan 13 Februari 2005 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran-Jatinangor yang merupakan momentum pendeklarasian FULDFK secara resmi yang dihadiri oleh 109 delegasi yang berasal dari 29 Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

Sebagai acuan dalam melangkah dan mengembangkan sayap, lembaga dakwah ini bersasaskan islam yang bersumber dari Al-qur’an dan As-sunnah dengan visi untuk memperjuangkan Islam demi kemaslahatan ummat yang berbasis pada kompetensi kesehatan.

Untuk menggerakkan roda organisasi, lembaga ini ditopang dengan struktur kepengurusan yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara anatomis, kepengurusan FULDFK terdiri dari kepengurusan DEP (Dewan Eksekutif Pusat) dan DEW (Dewan Eksekutif Wilayah). Pada DEP dan DEW, masing-masing memiliki struktur kepengurusan fungsional yang terdiri dari ketua, sekjend, bendum, dan Departemen-Departemen yang memiliki peran spesifik sesuai dengan fungsi-fungsi yang sedang dikembangkan oleh FULDFK.

Pembagian kepengurusan secara anatomis bisa dilihat pada peta dibawah ini, yang merepresentasikan seluruh LDFK (Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran) anggota FULDFK yang berada di provinsi tersebut.

Pembagian-Wilayah-FULDFK

Bagaimana jika ingin terlibat langsung di dalamnya?

Apabila teman-teman ingin terlibat langsung dalam ladang dakwah ini, maka ada baiknya segera memantapkan niat untuk bergabung bersama FULDFK dengan cara melakukan pendaftaran di website medicalzone.org. Disana, teman-teman bisa mengisi formulir yang disediakan dan mengikuti alur kaderisasi sesuai dengan alur yang tersedia. Setelah itu, serahkan kepada tim rekruitmen yang akan memproses data dari teman-teman sekalian.

InsyaaAllah, di FULDFK kita bisa sama-sama belajar untuk mengembangkan diri sesuai dengan keminatan kita serta sama-sama mengasah hati, tekad, dan semangat dalam perjuangan di jalan Allah.

 Bagaimana sih Gambaran kegiatan di FULDFK?

Ketika teman-teman sudah membulatkan tekad untuk bergabung di FULDFK, baik di tingkat DEP maupun DEW, sebaiknya teman-teman mengetahui bagaimana gambaran jalan yang akan teman-teman lalui selama setidaknya satu kepengurusan di FULDFK..

Pada umumnya, hampir semua roda kehidupan pengurus FULDFK tidak dijalankan dalam dunia nyata. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar komunikasi, koordinasi, dan berbagai diskusi dijalankan melalui forum online atau dunia maya. Jadi, barangkali kita tidak akan melihat secara langsung kawan perjuangan kita. Namun, tidak usah khawatir, walaupun secara dhahir kita tidak pernah bertemu namun insyaaAllah batin kita akan senantiasa terikat dan saling menguatkan dalam perjuangan ini.

Adapun kegiatan khusus yang akan dijalani selama menjadi pengurus akan sangat bergantung pada Departemen tempat temen-temen berkarya. Entah di DEP ataupun DEW, apabila teman-teman mendaftar pada suatu Departemen, maka secara fungsional kegiatan di Departemen tersebut tidak jauh berbeda. Hanya saja, ruang lingkupnya yang berbeda yaitu di tingkat wilayah dan nasional.

Mengenal lebih dekat, Departemen di FULDFK

Untuk saat ini, FULDFK terdiri dari 6 Departemen fungsional yang terdiri dari : Departemen Informasi dan Teknologi (IT), Departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS), Departemen Pengembangan LDF dan Kaderisadi (P&K), Departemen Finansial, Departemen Kajian Kedokteran Islam dan Advokasi (KKIA), dan Departemen Kemuslimahan, yang terdapat pada DEP dan masing-masing DEW.

(1)   Departemen Informasi dan Teknologi

Sesuai dengan namanya, Departemen IT merupakan Departemen yang bertanggungjawab atas website dan fanpage FULDFK, yaitu medicalzone.org dan Medicalzone yang merupakan media online resmi dan utama FULDFK. Sebagai forum nasional yang beranggotakan para mahasiswa fakultas kedokteran lintas daerah, peran media komunikasi online sangatlah penting. Oleh karenanya, website menjadi sarana yang cukup urgent untuk digarap dan dikembangkan, serta menjadi perwajahan sebuah lembaga.

(2)   Departemen Hubungan Masyarakat

Ketika terdengar istilah “humas”, maka yang terpikirkan di benak kita adalah seorang penghubung atau perantara. Maka demikian pula Humas FULDFK, ia juga mernjadi Departemen penghubung, baik internal FULDFK muaupun eksternal FULDFK yang akan membangun jaringan kepada pihak-pihak yang diperlukan serta bersama dengan IT membantu mengabarkan FULDFK kepada khalayak melalui media sosial yang ada. Selain itu, Humas FULDFK juga memiliki peranan penting dalam menunjang misi-misi kemanusiaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

(3)   Departemen Pengembangan LDF dan Kaderisasi

Untuk para pecinta proses tumbuh-kembang, disinilah tempatnya. Karena di Departemen P&K FULDFK merupakan tempat yang cocok untuk belajar menanam benih dan merawatnya hingga tumbuh subur. Di Departemen P&K, kita akan banyak berkomunikasi dengan LDFK untuk bersama-sama mengembangkan LDFK di masing-masing Fakultas Kedokteran terutama di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) LDFK. Selain itu, Departemen P&K juga menjadi poros kaderisasi internal lembaga melalui berbagai program akselerasi seperti MMLC-Nasional dan MMLC-Wilayah.

(4)   Departemen Finansial

Kami yakin semua sudah paham dengan Departemen yang satu ini. Departemen Finansial, yang tugasnya mencari uang. Tapi, tunggu dulu. Kita perlu mengetahui sepak terjangnya untuk bisa mengenal lebih jauh. Di Departemen Finansial, kita tidak hanya belajar untuk mencari uang, namun juga membuat berbagai produk identitas lembaga serta mengembangkan kemampuan untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak penyokong keuangan di FULDFK. Jadi, bagi para aktivis yang suka berjiwa enterpreneur dan kreatif, disinilah lahan yang cocok untuk mengembangkan diri.

(5)   Departemen Kajian Kedokteran Islam dan Advokasi

Nah, tiba saatnya kita berpetualang. Berpetualang untuk mengkaji sepasang ilmu yang teramat erat hubungannya, yaitu ilmu tentang syariat Islam dan Ilmu kedokteran. Di Departemen KKIA, kita akan banyak mengkaji berbagai hal tentang Islam dan Kesehatan serta berperan serta dalam membangun opini publik yang berkenaan dengan dunia kesehatan. Tak hanya itu, berbagai event besar sebagai sarana pengkajian ilmu juga digarap disini, yaitu melalui ANTIBIOTIK, IMSF, I-MED magazine, serta berbagai sarana lain baik di tingkat nasional maupun wilayah. Selain itu, bersama dengan Departemen P&K juga akan membantu pengembangan LDFK, terutama di bidang Kajian Keislaman dan Kesehatan. Tak hanya itu, sebagai Departemen pengampu fungsi Advokasi, KKIA juga menangani advokasi FULDFK dan turut membantu LDFK yang memerlukan bantuan dalam hal advokasi LDFK baik secara langsung maupun tidak langsung.

(6)   Departemen Kemuslimahan

Karena muslimah begitu spesial, maka di FULDFK juga terdapat bidang khusus yang menangani tentang kemuslimahan. Disini, semua tentang kemuslimahan akan dibahas, mulai dari peran muslimah dalam dakwah di dunia kedokteran, kajian-kajian Keislaman dan Kesehatan yang khusus muslimah, menanggapi berbagai isu tentang muslimah, hingga pada advokasi hal-hal yang berkenaan dengan dunia kemuslimahan. Intinya, disini adalah dunia muslimah yang secara khusus membahas dunia kemuslimahan.

 Bagaimana FULDFK di tingkat internasional?

FULDFK merupakan Student Capter dari IIMA (Indonesian Islamic Medical Assosiation) yang mempunyai link keseluruh dunia islam. Pada tahun ini, FULDFK menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan FIMA CAMP 2014 yang insyaaAllah akan diselenggarakan di UNISBA, Bandung Jawa Barat.

 

Semoga catatan singkat ini bisa sedikit memberikan gambaran bagi saudara-saudara seperjuangan yang tengah bersiaga untuk berjuang bersama di medan dakwah ini.

 

Yogyakarta, 1 Januari 2014

Disusun Oleh :

Taufik Indrawan, Universitas Gadjah Mada, Kepala Departemen KKIA, DEW 4 FULDFK 2014

&

Arif Rahmat Kurnia, Universitas Gadjah Mada, Kepala Departemen IT, DEP FULDFK 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

thirty six + = forty three