Pacaran; Bukanlah Solusi CINTA

Begitu sering aku mendengar kata-kata yang menurutku sangatlah indah “CINTA”, Sangat banyak mengungkapkan maupun mengungkapkan kata-kata ini, namun sebenarnya apalah arti sesungguhnya.
Apa sih itu CINTA…???
=> Cinta adalah ungkapan dan perasaan rasa memiliki dan jalan mencapai tujuan tertentu.

Dalam hal ini ada 2 jalan menuju cinta itu sendiri :

  1. Pertama,  jalan yang telah dibenarkan dalam ajaran agama, seperti mencintai Allah SWT, Rasulullah SAW, Orang Tua, Pasangan Suami/Istri, Sesama Muslim, Sesama Manusia, dan Sesama Makhluk Ciptaan Allah SWT, dll.
  2. Kedua, jalan yang tidak dibenarkan dalam ajaran agama, misalnya mencintai lawan jenis yang bukan Mahram karena rasa ingin memiliki bukan karena Allah SWT dan karena nafsu semata, cinta dunia yang berlebihan,dll, yang jelas tidak diperbolehkan dalam agama.

Mencintai itu boleh, tetapi ada aturan dan tata cara dalam mencinta lawan jenis. Islam dengan sempurna telah mengatur hubungan dengan lawan jenis. Hubungan ini telah diatur dalam syariat suci yaitu pernikahan. Pernikahan yang benar dalam Islam juga bukanlah yang diawali dengan pacaran, tapi dengan mengenal karakter calon pasangan tanpa melanggar syariat. Melalui pernikahan inilah akan dirasakan percintaan yang hakiki dan berbeda dengan pacaran yang cintanya hanya cinta bualan.
“Barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagaikan kebiri.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Arif Wibowo
Kadept IT FULDFK 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

seventy five − = 65