Manfaat Makan Pakai Tangan, Terbukti Lewat Ilmu Pengetahuan

Muslim pernah meriwayatkan sebuah hadits tentang bagaimana manusia sebaiknya makan menggunakan tangan kanan, dimana ini juga termasuk dalam sunnah dari Rasulullah SAW tentang bagaimana kita sebaiknya makan menggunakan hanya tiga jari untuk makan, dan kemudian menjilat jari-jari tadi demi membersihkannya. Dan ternyata belakangan diketahui bahwa ternyata terdapat manfaat makan pakai tangan, bukannya dengan menggunakan sendok, garpu, atau alat bantu makan yang lainnya.
Imam Al-Ghazali menjelaskan dalam kitabnya yang diberi judul Ihya’ Ulumiddinnya bahwa aktifitas makan sendiri bisa dilihat oleh orang-orang dari 4 sisi yang berbeda, dimana makan hanya dengan satu jari bisa menghindarkan seseorang dari sifat yang mudah marah, jika dengan dua jari akan menghilangkan kesombongan, dengan 3 jari bisa menhindarkan penyakit lupa, sementara 4 atau lima bisa menghindarkan diri dari kerakusan. Tapi apakah hanya ini manfaat makan menggunakan tangan? Ternyata tidak.
Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata menggunakan tangan ketika makan bisa menjadi jauh lebih sehat jika dibandingkan kita menggunakan sendok. Hal ini disebabkan karena pada tangan kita ternyata ada sebuah enzim yang amat berguna, yaitu enzim yang bernama RNase. Enzim ini memiliki kemampuan untuk menurunkan aktivitas dari banyak bakteri yang ada di tangan saat kita makan. Enzim ini juga ternyata mampu melakukan proses depolarisasi pada RNA, tapi tetap harus diingat bahwa kita harus mencuci bersih dulu tangan kita sebelumnya. Masya Allah, betapa luar biasa manfaat makan pakai tangan.
Justru menggunakan sendok ternyata tidak begitu aman. Ketika kita sudah kotor karena beraktivitas, mungkin kita kira sendok merupakan sebuah alternatif yang baik untuk menjadi alat bantu kita makan, tapi ternyata dalam kondisi kelembaban dan temperatur tertentu, pertumbuhan bakteri dan uap air pada udara mampu menempel di sendok dan membuatnya menjadi jauh lebih berbahaya daripada menggunakan tangan. Memang, bisa kita buat sendok tadi menjadi steril, tapi kita harus dengan baik membersihkannya, dan memastikan tidak ada lagi kuman yang menempel.
Beberapa Kelebihan Makan Menggunakan Tangan
Ternyata selain makan menggunakan tangan bermanfaat bagi kesehatan, kegiatan ini memiliki banyak manfaat lain yaitu:
• Tangan kita lebih peka terhadap bakteri-bakteri yang ada
Tangan kita dipercaya memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap bakteri di sekitar kita, dan dengan adanya RNase pada tangan, ia akan menguraikan bakteri tersebut hingga menyebabkan mereka tidak lagi menjadi aktif.
• Adanya syaraf langsung dari tangan yang terhubung ke otak
Pada tangan, ada jaringan syaraf yang langsung terhubung pada otak. Mengapa hal ini penting? Karena ketika kita merasakan suhu dengan ujung jari maka otak juga akan menerima transmisi ini sehingga badan akan lebih siap terhadap suhu dari makanan tersebut.
• Tangan sebagai perantara hati ketika kita sedang makan
Makan dengan tangan bisa membuat kita lebih menikmati makanan yang sedang kita santap.
Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, nampaknya hanya ada satu yang bisa kita katakan. Masya Allah, betapa luar biasa manfaat makan pakai tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

+ 25 = thirty three