LSKI TM dan FULDFK Peduli Sinabung

Minggu, 12  Juni 2016 tim bantuan sinabung FK UISU berangkat ke Kab. Karo dengan tujuan menyalurkan bantuan yang digalang oleh LSKI Thibbul Mu’min dan juga dari dana yang disalurkan melalui FULDFK Indonesia.

Alhamdulillah pada pukul 10.00, tim sudah tiba di Desa Sukandebi Kec. Namantaran dan langsung bertemu dengan seorang Da’i didesa tersebut disebuah masjid yang dikelolanya. setelah berbincang sebentar, Tim Peduli Sinabung FK UISU langsung menyerahkan bantuan berupa bahan makanan dan masker serta uang dengan total keseluruhan Rp. 1.708.900 kepada Da’i tersebut dan beberapa dari perwakilan masyarakat setempat.

Nah, ketika kami akan berniat pulang Da’i tersebut langsung menawarkan kami buka bersama sambil keliling desa sekitar dan melihat islam di sini. Tawaran menarik yang langsung kami terima. Seharian di desa sukendebi, banyak yang kami terima di sini.

Desa sukandebi adalah salahsatu desa terdampak erupsi di Kab. Karo dengan radius 5 KM dari gunung sinabung. Sebenarnya Pemerintah sudah menyeru mereka untuk mengungsi tapi karna ekonomi mereka harus kembali ke rumah dan bekerja di ladang. Da’i tersebut adalah tokoh pengajar dari Kalimantan yang lagi magang di desa sukandebi tersebut guna menjaga akidah masyarakat setempat dan mengajarkan islam kepada mereka. ada sekitar 150 KK yang muslim dari sekitar 400 KK didesa tersebut. minoritas bukan. Da’i di sini mengajarkan islam dari rumah ke rumah dan juga di masjid. Anak-anak tidak lepas dari perhatian. Selama kami di desa tersebut, kami diminta mengajar anak-anak. Jadi kami mengajar mereka dari membaca Alquran, bercerita hingga bermain. Seru pokoknya. Kami lebih senang lagi karna sebagian mereka sudah lancar membaca Alquran.

Lain cerita di desa lain di Kec. Naman Taran. Di Desa lainnya, kami mendengar bahwa desa tersebut mayoritas muslim. tapi masyarakat disana lebih jarang menjalankan syariat islam. beberapa rumah masih memelihara anjing dirumahnya dengan tanpa melihat batasan dalam memelihara hewan tersebut. Perjudian masih marak dan sholat jumat terkadang tinggal. ada beberapa mahasiswa dari Medan yang ditugaskan mengajarkan islam didesa tersebut. Mereka ada 18 orang tapi menyebar didesa lainnya, jadi hanya 3 orang yang stay di sini. Mereka diterima dengan baik bahkan sering diajak buka bersama. Non-Muslim pun menerima mereka. Mereka sering mengajar anak tapi terkadang sulit untuk mengumpulkan mereka. Sebagian anak-anak membantu orang tuanya di ladang dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Tapi jika belajar, semangat 4 orang seperti 20 orang. mereka sungguh tertarik dan senang. Kalau ditanya nama, nama mereka keren-keren. Ada Aurel, Marsel, Boy dan lain-lain.

Nah, sore harinya kami membantu Da’i dan istrinya untuk menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Seru banget saat ini. Ikhwan dari kami mendapatkan tugas memetik cabe. saking semangatnya, hampir kami cabutin semua cabe disana. Setelah kami rasa cukup, ternyata cabenya terlalu banyak. Tapi untung tidak masalah. Yang Akhwat bertugas memasak makanan. Bukber di Desa Sukandebi tersebut diadakan oleh sebuah organisasi muslim internasional. Ramai yang datang saat Bukber. Kami para mahasiswa bertugas untuk membagikan Ta’jil dan Nasi. Anak-anak didahulukan biar mereka tenang karna sudah dapat makanannya. Yang bikin kami terharu adalah kebersamaan mereka. Bahkan ibu-ibu disana, ketika kami membagikan makanan mereka, mereka bertanya, “apakah bapak-bapat sudah makan? apakah kamu nak (kami) sudah makan? kapan?”. Kami jawab saja sudah karna memang sudah makan ta’jil. Makanannya memang tidak cukup tapi mereka yang tidak kepagian tidak ada resah sama sekali. Untungnya tadi kami masak cukup banyak sehingga yang lain pun kepagian.

Senang rasanya melihat kebersamaan ini di Bulan Ramadhan apalagi di sebuah desa terpencil dengan minoritas muslim. Semoga akidah mereka tetap terjaga dan para Da’i disana diberikan ketabahan dan istiqomah menjalankan amanah Rasulullah SAW.

DSC_0793 DSC_0790 P_20160612_115714 P_20160612_115230 DSC_0767 DSC_0763 DSC_0762 DSC_0754

Terimakasih kepada masyarakat yang sudah menyalurkan hartanya dan kepada FULDFK Indonesia yang mempercayai kami untuk menyalurkan dana yang mereka terima. Semoga amal dan ibadah kita diridhoi Allah SWT. Amin.

By: LSKI Thibbul Mu’min FK UISU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

3 + four =