Langkah Awal Kebangkitan Kedokteran Islam Indonesia dengan Hangatnya Ukhuwah Rakernas 2014 FK UII Yogyakarta

Langit biru dan berawan menemani Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FULDFK di Komplek Kampus UII, Yogyakarta. Angin pergunungan pagi berhembus menerbangkan dedaunan seakan bertasbih memuja Sang Khalik.  Sinar mentari pagi memberikan semangat baru untuk selalu berjuang di bawah naungan panji-panji Allah Subhanallahu wa Ta’ala. Bagaikan symphoni pagi yang siap menyambut delegasi “Pejuang Dakwah” dari seluruh Indonesia.

Rakernas kali ini diadakan tepat  pada tanggal 25-26 Januari 2014. Tanggal tersebut merupakan momen penting bagi FULDFK untuk kembali merangkai diri, menyiapkan rumah dengan hangatnya ukhuwah islamiyah. Rangkaian acara pada hari pertama yang bertempat di salahsatu ruangan Gedung Kuliah Umum Dr Sardjito UII, panitia menyambut delegasi yang hadir. Acara yang di design dengan syar’i, sederhana dan penuh dengan kekeluargaan dibuka dengan khitmat bacaan ayat suci Al-quran dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia Rakernas FULDFK 2014 Anandyo Septiawan, Ketua CMIA FK UII Reza Aganta Praba, Ketua DPM FK UII Beifrie Mahestra Sudarman dan kemudian diresmikan oleh Dekan FK UII yang diwakilkan dr. Sunarto, M.Kes  yang menceritakan bagaimana perjuangan mahasiswa muslim dahulu yang bergerak dan berjuang agar islam dapat ditegakkan di wilayah kampus seperti saat ini. Paparan dr Sunarto memancing semagat delegasi dalam mengikuti acara.

Rakernas UII All Delegation (Ikhwan)

Setelah itu dilanjutkan dengan paparan tentang FULDFK oleh Ketua FULDFK Indonesia Akh Muhammad Haydar dan paparan proker masing-masing DEW, dimulai dari DEW 3 oleh Akh Tohari Masidi Amin (FK UMJ), DEW 4 oleh Ukht Devy Maya Kusuma Sari (FK UII) yang mewakili Akh Langgeng Perdana Kusuma (FK UNISULLA) dan DEW 2 oleh Ukht Sheilla Shantika Sukwandini Saviatri (FK UHT) mewakili Akh Muhammad Naya (FK UMM).

Kemudian acara dilanjutkan dengan rapat setiap departemen pusat dan dewan wilayah untuk mendiskusikan program kerja yang akan dipersentasikan selama kepengurusan. Kemudian dilanjutkan dengan persentasi hasil diskusi, namun ketua setiap departemen pusat dan dewan wilayah ada yang berhalangan hadir sehingga diwakilkan oleh anggotanya masing-masing. Persentasi pertama dari Departemen Kemuslimahan DEP oleh Ukht Tari Febri (FK UMM) mewakili Ukht Elsye Purnamawati (UNPAD). Presentasi kedua oleh Departemen Pengrmbangan LDFK dan Kaderisasi (P&K) DEP yang disampaikan Akh Ihsan Yudhitama (FK UGM) mewakili Ukht Sheilla Selvina (FK UNPAD). dan Presentan ketiga adalah Akh Arif Rahmat (FK UGM) yang menjelaskan proker Departemen Informasi dan Teknologi (IT) DEP dan  Adzan pun berkumandang tanda harus memasuki waktu shalat.

Setelah ISHOMA acara kembali dilanjutkan dengan presentasi dari Departemen Finansial DEP oleh akh Muqsit Fajar Febriady (FK UNISMA) dan Akh Hidayatullah Arief (FK UNISMA) yang mewakili ketuanya Ukht Azqia Zahra. Selanjutnya presentasi dari Depatemen Hubungan Masyarakat (HUMAS) DEP oleh Ukht Alfi Kamalia (FK UNEJ). Dan presentasi terakhir menjelang adzan maghrib adalah dari Departemen Kajian Kedokteran Islam dan Advokasi (KKIA) DEP oleh Ukht Isnani Nur Hidayatullah (UII) mewakili Ukht Vekky Tria N (UNAND).

Setelah itu, peserta menuju penginapan di Rumah Susun Mahasiswa (RUSUNAWA) UII.  Ba’da sholat isya, seleruh peserta berkumpul kembali dan saling sharing tentang LDFK masing-masing. Momen singkat ini yang kita gunakan untuk sharing tentang problem-problem yang ada di LDFK masing-masing merupakan hakikat adanya FULDFK karena FULDFK ada untuk LDF dan LDF ada untuk mahasiswa muslim ujar Akh Haydar.

FGD UII (Ikhwan)

Walaupun sudah setengah hari mengikuti acara yang sangat padat, para peserta tetap bersemangat untuk membagikan pengalaman, masalah dan solusinya. Subhanallah, ternyata banyak manfaat yang dapat diambil dari saudara-saudara kita di LDFK masing-masing. Banyaknya hambatan yang dilalui setiap aktivitas dakwah (Da’i) tidak akan dapat menyurutkan semangat untuk selalu berjuang di jalan Allah.

Keesokan pagi pada hari kedua, dimulai dengan pembacaan Al-Masurat ba’da sholat subuh berjama’ah. Lalu dilanjutkan dengan taushiyah oleh dr. Agus Taufiqurrahman, Sp.S. Beliau berpesan agar setiap Da’i tidak gampang menyerah dengan keadaan lingkungannya, apalagi terjerat dan terseret oleh prilaku-prilaku buruk. Acara kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi dan packing mengikuti city tour dan penutupan di kebun binatang Gembira Loka. Peserta tampak bersemangat dan penuh dengan canda tawa dalam mengikuti kegiatan.

Penutupan sekaligus Pelantikan Pengurus FULDFK 2014 diadakan di kebun binatang Gembira Loka, acara ini merupakan acara penutupan yang terbilang asing bagi peserta yang umumnya setiap acara pelantikan diadakan diruangan tertutup. “Pelantikan kali ini segaja dibuat di outdoor dan diadakan di kebun binatang, harapnya agar penggurus FULDFK dapat benar-benar menjalankan amanahnya dengan baik, karena pada hari ini antum semua akan dilantik dan disaksikan oleh makhluk hidup bukan benda mati yang selalu ada diruangan saat kita dilantik, oleh karena itu jika antum tidak menjalankan amanah dengan sebenar-benarnya, maka pikirkan akibatnya. Karena bukan benda mati dan beberapa mahkluk hidup yang menyaksikan anda tapi semua jenis makhluk hidup insya Allah menjadi saksi dilantiknya antum” sambutan ketua panitia.

Kebun Binatang

Acara kemudian ditutup dengan ucapan perpisahan dari dr. Sunarto dan pemberian kenang-kenangan kepada peserta yang hadir saat itu. Alhamdulillah, acara Rakernas pun berakhir. Semoga rangkaian acara Rakernas 2014 di FK UII (Jogja) dapat menjadi kenangan terindah dalam periode kepengurusan. Agar FULDFK tetap Solid, Mengakar dan Menyejarah dalam dinamika kedokteran islam di indonesia Insya Allah. Amiin ya Rabbal a’lamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

− eight = one