Hikmah Puasa Bagi Kesehatan

Ibadah puasa merupakan ibadah yang spesial, karena puasa merupakan ibadah pribadi atau personal yang tidak terlihat oleh orang lain, sehingga tidak banyak berpotensi menimbulkan riya’ dalam beribadah. Puasa adalah ibadah rahasia antara Allah dan hamba-Nya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. :

الصَّوْمُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِيْ بِهِ

Puasa diperuntukkan untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberi pahala puasanya (tanpa batasan jumlah pahala).” (HR. Tirmidzi)
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui rahasia-rahasia yang terkandung dalam ibadah puasa. Di antara ilmuwan-ilmuwan yang melakukan penelitian tentang puasa adalah sebagai berikut :

Beberapa ilmuwan telah menyampaikan komentarnya tentang ibadah puasa. Allan Cott, dalam bukunya Fasting as a Way of Life, mengatakan bahwa puasa dapat memberikan istirahat fisiologis bagi sistem pencernaan dan sistem saraf pusat serta menormalisasi metabolisme tubuh.

Mc Fadon, seorang ahli kesehatan Amerika, mengatakan bahwa setiap orang perlu berpuasa. Sebab, jika tidak berpuasa maka ia akan sakit dikarenakan racun makanan berkumpul dalam tubuh. Puasa akan menurunkan berat badan dan racun-racun dalam tubuh akan terurai dan keluar, sehingga tubuh menjadi bersih secara sempurna.

Alex Carell, salah seorang pemenang nobel bidang kesehatan, menyatakan bahwa puasa benar-benar membersihkan dan mengganti jaringan tubuh. Banyaknya porsi makanan dapat melemahkan fungsi organ, dan itu merupakan faktor yang besar bagi berdiamnya jenis-jenis kuman dalam tubuh. Sedangkan, solusinya adalah dengan mengurangi porsi makan sehingga organ-organ tubuh dapat mengeluarkan zat, khususnya untuk mempertahankan keseimbangan internal dan kesehatan jantung.

Masih banyak lagi ahli-ahli yang menyatakan tentang manfaat ibadah puasa bagi kesehatan. Salah satu yang menarik adalah pernyataan yang disampaikan oleh seorang ilmuwan Rusia, Prof. Nicko Lev dalam bukunya Hungry for Healthy. Ia menyatakan bahwa setiap orang harus berpuasa dengan menahan makan selama 4 minggu dalam setiap tahun, agar ia memperoleh kesehatan yang sempurna sepanjang hidupnya. Ini artinya, pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadhan merupakan kegiatan yang sesuai dengan kaidah-kaidah kesehatan tubuh.

Rasulullah saw. pernah bersabda tentang manfaat puasa bagi kesehatan :

صُوْمُوْا تَصِحُّوْا

Berpuasalah kalian, niscaya kalian akan sehat.” (HR. Thabrani)

Dari keterangan-keterangan diatas, bisa disimpulkan bahwa pernyataan Rasulullah saw. tentang hikmah ibadah puasa bagi kesehatan merupakan salah satu mukjizat besar bagi kebenaran sabdanya. Sebelum para ilmuwan menemukan rahasia-rahasia tentang manfaat ibadah puasa, Rasulullah saw. sudah menyatakannya jauh sebelum para ilmuwan menemukan hasil penelitiannya.

 

Sumber : http://talimulquranalasror.blogspot.co.id/2015/06/hikmah-puasa-bagi-kesehatan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

− three = 3