FULDFK 2014

“Menjadikan profesionalitas kinerja FULDFK 2013/2014 sebagai kekuatan dalam membangun
ukhuwah LDFK se-Indonesia untuk memperjuangkan Islam demi kemaslahatan umat
yang berbasis kompetensi kesehatan.”
– Visi FULDFK 2014


Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran Indonesia (FULDFK) adalah wadah berkumpulnya seluruh Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran se-Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 Muharram 1426 H atau 13 Januari 2005 di Jatinangor, Jawa Barat. Organisasi ini lahir pada saat diselenggarakannya Musyawarah Nasional I dan Deklarasi FULDFK 10-13 Februari 2005, yang dihadiri oleh 109 delegasi yang berasal dari 29 Fakultas Kedokteran se-Indonesia.

FULDFK bersasaskan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, dengan visi untuk memperjuangkan Islam demi kemaslahatan ummat yang berbasis pada kompetensi kesehatan. Memiliki struktur kepengurusan yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan memiliki 6 departemen di tingkat pusat dan 4 wilayah kerja yang memiliki kepengurusan pada setiap Fakultas Kedokteran. Kepengurusan saat ini adalah kepengurusan 2013-2014 yang diresmikan di Rakernas 2014 Yogyakarta.

FULDFK2014 - Copy (2)

FULDFK memiliki pembagian struktur eksekutif, yaitu Dewan Eksekutif Pusat dan Dewan Eksekutif Wilayah. Saat ini FULDFK memiliki 4 DEW yaitu (1) DEW I meliputi seluruh provinsi di pulau Sumatra, (2) DEW II meliputi Sulawesi, Bali, Maluku, dan Irian Barat, (3) DEW III meliputi Jawa Barat, Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah, dan (4) DEW IV meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Perombakan DEW yang semula terdapat 5 wilayah menjadi 4 wilayah adalah berdasarkan rekomendasi MUNAS VIII Padang dan yang kemudian ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan DEP FULDFK 2012-2013.

Terdapat 58 pengurus di dalam struktur DEP FULDFK 2014, yang terdiri dari jajaran Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum, Departemen Finansial, Departemen Kemuslimahan, Departemen Kajian Kedokteran Islam dan Advokasi (KKIA), Departemen Pengembangan LDFK dan Kaderisasi (P&K), Departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS), Departemen Informasi dan Teknologi (IT). Selain itu, di dalam DEW I terdapat 86 pengurus, DEW II terdapat 44 pengurus, DEW III terdapat 73 pengurus, dan di dalam DEW IV terdapat 36 pengurus. Sehingga total jumlah pengurus DEW di seluruh wilayah adalah sejumlah 239 pengurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

fifty + = fifty seven