[DESAIN GRAFIS, GRATIS BARAKAH]

“Jangan menilai buku dari sampulnya”, begitulah kata pepatah lama yang sudah tidak asing lagi, iya bukan? Akan tetapi, pepatah itu tak berlaku bagi siapapun yang membuat sampul buku. Sang pembuat sampul haruslah berusaha semaksimal mungkin agar calon pembeli buku tertarik untuk melirik, membaca dan membelinya dan sesuai dengan isi dari apa yang penulis ingin sampaikan.

Pesan kebaikan ibarat buku tersebut, yang di dalamnya ada ilmu dan nasihat yang berharga. Jika ingin pesan tersampaikan dengan baik dan ciamik agar sang penerima pesan tertarik ada media penyampai pesan yang terkini, yaitu Poster digital. Sekarang media ini telah begitu massif dibuat dan menjadi sebuah media yang begitu ampuh untuk menyampaikan pesan kebaikan, terutama bagi muda-mudi millineal.

Nah, pada kesempatan kali ini, ada beberapa referensi sumber daya yang gratis dan dapat digunakan secara bebas oleh Sahabat sebagai bahan pembuatan poster digital yang bagus lagi barakah, insyaaAllah! Yuk cek!

1. Sahabat yang belum punya aplikasi untuk membuat poster digital, bisa mengunduh aplikasi Inkscape di inkscape.org . Jangan khawatir dengan harga yang mahal atau kesulitan mencari crack yang tidak abal-abal, Inkscape benar-benar gratis dan cocok untuk kantong mahasiswa seperti kita yang bagai pungguk merindukan bulan untuk membeli aplikasi Corel Draw atau Adobe Illustrator legal yang dibandrol sampai ratusan dollar. Fitur dan fasilitasnya pun tidak kalah dengan aplikasi berbayar. Hanya saja, bagi Sahabat yang sebelumnya memakai Corel Draw atau Adobe Illustrator perlu sedikit waktu untuk beradaptasi dengan tampilan antarmuka Inkscape.
2. Mengunduh berbagai foto yang berkualitas dengan gratis dan menggunakannya secara bebas dari beberapa situs penyedia foto gratis seperti pixabay.com ,unsplash.com dan pexels.com .
3. Sumber daya vektor yang tersedia gratis di beberapa situs seperti vecteezy.com , freepik.com , dan flaticon.com lalu disusun sesuai yang diinginkan. Butuh kaligrafi? Sahabat bisa mencari kaligrafi yang diperlukan di freeislamiccalligraphy.com. Jangan lupa untuk menyempatkan memberi apresiasi sumber bila memungkinkan.
4. Mengunduh banyak font gratis di fonts.google.com. Selain fon latin dengan berbagai gaya hurufnya, ada juga fon untuk aksara lain seperti Arab, Yunani, Ibrani, dsb yang tersedia di website tersebut.

Tunggu apa lagi? Segera beri markah untuk pranala-pranala yang telah kami bagikan. Dan satu lagi, kalau ada yang gratis, kenapa tidak kita coba? Semoga justru dari situ yang disebut barakah bisa terselip pada poster digital kita. Aaamiin, insyaaAllah!

“Makna dari berkah adalah az-ziyaadah, bertambah. Berkah itu bagaikan pokok yang menghunjamkan akar, lalu ia tumbuh, batangnya bertambah, dan cabangnya berlipat. Berkembanglah pula pucuk-pucuknya, menerbitkan bunga yang harum dan memunculkan buat yang ranum.”

#FULDFKIndonesia
#SolidMengakarMenyejarah

📬Email: fuldfk.indonesia@gmail.com
💻FB : FULDFK
👥FP: Medicalzone – Website Resmi FULDFK
📱Line: @fuldfk_ind
🔔Twitter: @fuldfk_ind
🗼Instagram : @fuldfk_ind
🔊Telegram : @fuldfkindonesia
📺YouTube: FULDFK TV
🌍Website: medicalzone.org

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply