Bersyukur adalah Amalan Pembuka Rizki dan Nikmat Berikutnya

Sahabat Dunia Islam, bersyukur bukanlah hanya sekedar kata-kata. Jika hanya sebatas kata-kata, tentu sangat mudah untuk melakukannya. Bersyukur adalah sebuah ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan yang mendalam atas pemberian dari Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Bersyukur adalah pembuka rizki dan nikmat yang berikutnya seperti firman Allah berikut ini:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. 14:7).

Merefleksikan sikap bersyukur dalam kehidupan sehari-hari tidaklah mudah. Berikut ini adalah 3Amalan Pembuka Rizki sebagai cara kita mensyukuri nikmat dunia ini:

Pertama, Tidak rakus dan menjauhi hal-hal yang haram ketika mencarinya

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (QS. Al Ma’idah : 88).

Berapa banyak orang yang terjebak dalam sikap rakus dalam mengejar nikmat duniawi, bahkan tidak sedikit yang kemudian tidak peduli lagi dengan halal-haramnya.Seperti korupsi, mengambil hak hak orang lain dll

Kedua, Tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diridhoi Allah SWT

Mari simak ayat berikut ini:  “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya” (QS. Al Israa’ : 27).

Sudahkah kita menggunakan harta yang merupakan rizki dari Allah  SWT dengan sebaik-baiknya? Segala rizki dan nikmat yang kita terima seharusnya tidak kita pergunakan untuk hal yang tidak bermanfaat bagi dunia apalagi akhirat.

Ketiga, Memperbanyak kalimat hamdalah setelah menikmati atau menggunakannya

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT berikut ini: “Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?” Tentu mereka akan menjawab: “Allah”, Katakanlah: “Segala puji bagi Allah”, tetapi kebanyakan mereka tidak memahami(nya)” (QS. Al Ankabut : 63).

Demikianlah 3 hal yang perlu senantiasa kita lakukan sebagai refleksi dari bentuk syukur kita terhadap segala nikat yang telah Allah SWT berikan. Janganlah bersikap kikir, tamak, sering mengeluh dan mengecil-ngecilkan nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

 

Sumber : http://www.duniaislam.org/06/09/2015/bersyukur-adalah-amalan-pembuka-rizki-dan-nikmat-berikutnya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

94 − eighty six =