32 Cara Menghormati Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah salah satu amal shalih yang disebut berkali-kali di dalam al-Qur’an, bahkan amal ini sering disandingkan dengan perintah untuk menyembah Allah dan larangan mempersekutukan-Nya.

 

Allah SWT berfirman:

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak.” (An Nisa: 36).

 

Rasulullah juga mengisyaratkan betapa mulianya amalan ini dengan mengutamakan bakti kepada orang tua atas jihad fi sabilillah.

 

Ibnu Mas’ud berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Allah?’ Beliau menjawab, ‘mendirikan sholat pada waktunya,’ Aku bertanya kembali, ‘Kemudian apa?’ Jawab Beliau, ‘berbakti kepada orang tua,’ lanjut Beliau. Aku bertanya lagi, ‘Kemudian?’ Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Allah.’” (HR. Al Bukhori no. 5970) [2]

 

Lalu, bagaimanakah kita dapat mengekspresikan amalan ini dalam kehidupan sehari-hari? Simak 32 cara menghormati orang tua berikut ini. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi agar kita dapat mengamalkannya di sepanjang waktu. InsyaaAllah

 

  1. Berinteraksilah dengan sebaik-baik etika dan sopan santun. Jangan mengatakan pada beliau berdua ungkapan kesal meskipun hanya semisal Berbicaralah dengan kata-kata yang baik lagi lembut kepada mereka.
  2. Patuhilah orang tua selalu, kecuali bila mereka memerintahkan sesuatu yang berdosa, sebab kepatuhan kepada Allah tetaplah yang harus diutamakan.
  3. Bersikaplah baik kepada orang tua. Jangan cemberut atau menatap dengan amarah.
  4. Jagalah nama baik, kehormatan, dan kepemilikan mereka. Jangan mengambil sesuatu apapun tanpa izin beliau berdua.
  5. Lakukan hal-hal yang membuat orang tua terbantu meskipun tanpa beliau minta, seperti membantu mencuci piring, membelikan kebutuhan sehari-hari, dll.
  6. Mintalah saran dari orang tua dalam berbagai urusan dan mintalah maaf bila karena satu atau dua hal lain kau kurang menyetujui saran atau pendapat yang mereka sampaikan.
  7. Balas dan jawab sesegera mungkin dengan senyuman di wajah saat mereka memanggil.
  8. Hormati keluarga dan teman-teman orang tua, baik saat mereka masih hidup dan setelah mereka telah wafat.
  9. Jangan berdebat dengan beliau. Bila orang tua melakukan sesuatu hal yang kurang tepat, sampaikanlah hal yang benar dengan cara yang baik dan santun
  10. Jangan bersikap keras kepala dan mengangkat suara pada orang tua. Dengarkan ucapan mereka dan berperilakulah dengan baik dan santun. Jangan mengganggu saudaramu untuk menghormati mereka (karena hal itu sering kali akan mengganggu mereka juga).
  11. Berikanlah penghormatan yang pantas, seperti berdiri saat beliau memasuki ruangan, mencium tangan atau dahi mereka.
  12. Bantu pekerjaan ibu di rumah dan tawarkan bantuan saat melihat ayah sedang bekerja.
  13. Jangan nekat pergi jika mereka tidak memberikan izin meskipun itu untuk sesuatu yang penting. Tetapi jika kau memang tetap harus pergi, minta maaf dan jelaskan kepada mereka dengan baik sebelum berangkat.
  14. Jangan masuk ke kamar mereka tanpa izin, terutama saat tidur dan beristirahat.
  15. Jika merokok, janganlah kau lakukan di hadapan beliau berdua
  16. Jangan mengambil makanan atau minuman sebelum mereka.
  17. Jangan berbohong kepada beliau berdua.
  18. Jangan lebih mengutamakan istri atau anak atas orang tua, sebaliknya, cobalah untuk menyenangkan mereka sebelum orang lain karena “keridhaan Allah dalam keridhaan orang tua dan kemarahan Allah ada dalam kemarahan orang tua.”
  19. Jangan duduk di tempat yang lebih tinggi.
  20. Jangan sombong dengan apa yang dimiliki oleh orang tua.
  21. Jangan pelit membelanjakan sesuatu hal untuk beliau berdua.
  22. Sesering mungkin, kunjungilah beliau berdua dan berliah mereka hadiah. Berterima kasihlah karena beliau berdua telah membersarkanmu.
  23. Orang yang paling layak mendapat kehormatan darimu adalah ibumu, lalu ayahmu.
  24. Jangan sampai kau tidak bersyukur kepada mereka dan berhati-hatilah dengan kemarahan mereka karena itu akan membawa ketidakbahagiaan dalam kehidupan ini dan akhirat. Anak-anakmu berpeluang besar untuk memperlakukanmu seperti bagaimana kau memperlakukan orang tuamu.
  25. Jika menginginkan sesuatu dari orang tua, berbaiklah kepada mereka dan berterima kasihlah kepada mereka karena telah memberikannya kepadamu. Jika mereka menolak,, maka maafkan mereka. Jangan terus-menerus menanyakan hal-hal kepada mereka karena itu bisa mengganggu mereka.
  26. Ketika kau mampu mencari nafkah, maka bekerjalah dan bantu orang tuamu.
  27. Orang tua dan pasangamu kelak memiliki hak padamu, sehingga penuhilah hak-hak mereka dan cobalah untuk mendamaikan mereka ketika mereka tidak sependapat.
  28. Jika orang tuamu berdebat dengan pasanganmu, maka bersikaplah dengan bijak dan cobalah untuk memahamkan pada pasanganmu bahwa kau akan berada di sisinya jika dia benar dan [pada saat yang sama] kau juga diperintahkan untuk membuat ridha orang tua.
  29. Jika kau tidak setuju dengan orang tuamu sehubungan dengan pernikahan atau jalan lain dalam hidup, maka carilah penilaian melalui hukum Islam karena itu adalah bantuan terbaik untukmu.
  30. Doa orang tuamu adalah mustajab, baik maupun buruk. Jadi waspadalah terhadap permohonan mereka terhadapmu.
  31. Bersikap baiklah kepada orang lain untuk menghindari dicemoohnya orang tua kita karena misal kita mencemooh orang tua mereka.
  32. Kunjungilah mereka saat hidup bahkan setelah wafat, yakni mengunjungi makam mereka. Berikanlah sedekah atas nama mereka dan mohonkan ampunan atas mereka. “Ya Tuhanku ampunilah orang tua saya”, “Ya Tuhanku, kasihanilah mereka berdua karena mereka membawa saya ketika saya masih kecil ”, dll.

 

Pembuka dari artikel ini disesuaikan dari artikel Sudahkah Kita Berbakti Pada Orang Tua?, diakses di https://muslim.or.id/382-bakti-pada-orang-tua.html

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan